Minggu, 13 Desember 2015

Macam - macam Alat Peraga Matematika

Alat Peraga Pembelajaran Matematika



  1. LOMPAT KATAK

  • KEGUNAAN
Menemukan suatu barisan dan pola bilangan dengan cara bermain

ATURAN PERMAINAN
  • Pindahkan dua kelompok katak yang berlainan warna, sehingga kedua kelompok katak tersebut akan bergantian tempat (kedua kelompok pasak dipisahkan oleh sebuah lubang dan masing-masing kelompok berdiri berjajar) 
  • Setiap kali melangkah hanya boleh mengangkat satu pasak
  • Dalam melakukan perpindahan, hanya boleh melompati satu katak yang berlainan warna atau bergeser ke lubang di dekatnya

CARA KERJA
  • Ambil satu katak yang berada paling depan, pindahkan katak tersebut dengan cara menggeser ke lubang yang ada di dekatnya 
  • Ambillah katak lainnya yang berlainan warna dengan katak semula melompati katak yang pertama kali dipindahkan
  • Geserlah katak (yang sewarna dengan katak yang melompat) ke lubang di dekatnya
  • Ambillah katak yang berwarna gelap melompati katak-katak di depannya, demikian seterusnya, sampai kedua kelompok katak tersebut bergantian tempat
  • Banyaknya langkah perpindahan tergantung banyaknya pasang katak yang akan dipindahkan


  
    2. VOLUME LIMAS

Nama Alat : Volume Limas

Konsep : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Fungsi : Menentukan rumus volume limas melalu percobaan

Alat / bahan yang diperlukan:
  • Kertas karton yang sudah dibentuk menjadi 6 buah limas 
  • Setiap limas alasnya berbentuk persegi dengan tinggi limas sama dengan ½ kali panjang sisi persegi 
Cara Kerja
  • Susunlah keenam buah limas di atas sehingga membentuk jaring jaring sebuah kubus
  • Bentuklah jaring jarring tersebut sehingga membentuk sebuah kubus 
Permasalahan
  • Jika panjang rusuk kubus adalah s, maka tinggi limas adalah ½ s berapakah volume kubus ?
  • Apakah hubungan antara kubus dan limas tersebut 
  • Apa yang dapat disimpulkan mengenai volume limas berdasarkan hubungan tersebut ?

    
  3. MENARA HANOI

Nama alat : MENARA HANOI

Konsep : barisan Bilangan dan Deret

Fungsi : Menemukan suatu barisan dan pola bilangan dengan cara bermain

Bahan Yang diperlukan:
  • Lempengan berbentuk lingkaran terbuat dari triplek/ gabus dengan diberi lobang pada pusatnya. Ukuran lempeng lempeng tersebut bervariasi dari kecil sampai yang besar 
  • Sebuah lebaran triplek papan yang memuat tiga tiang sebagai tempat memasukkan lempengan lempengan 
Cara Penggunaan/ kegiatan yang dilakukan:
  • Pindahkan lempengan dari tiang 1 ke tiang 2 atau 3 satu persatu 
  • Dari langkah di atas, lempengan yang kecil harus selalu berada di atas ( tidak boleh di bawah)
  • Lempengan boleh dikembalikan lagi ke tiang 1 
  • Hitunglah banyak langkah yang diperlukan 
Permasalahan:
  • Berapa langkah minimal yang diperlukan untuk menyusun 2, 3, 4, 5 atau 6 lempengan ke tiang 2 atau 3 ? ( lempengan yang kecil selalu berada di atas ) 
  • Dengan menentukan pola permasalahan di atas, tentukan rumus untuk menentukan banyak langkah minimal untuk menyusun n lempengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar